Alhamdulillah


web widgets

Salam


web widgets

>>> panda love


Jumat, 26 Juli 2013

Pengertian Profesi Keguruan


Pengertian Profesi Keguruan
di susun oleh : Mega Sirnawati MPd





Istilah profesi dalam kehidupan sehari-hari digunakan untuk menunjukkan tentang pekerjaan seseorang.Seseorang yang bekerja sebagai dokter,dikatakan pekerjaannya sebagai dokter dan orangyang pekerjaannya mengajar dikatakan profesinya sebagai guru.Jadi istilah profesi http://megakeempat.blogspot.com/ dalam konteks ini sama artinya dengan pekerjaan atau tugas yang dilakukan oleh seseorang http://megakeempat.blogspot.com/ dalam kehidupan sehari-hari.
Keragaman dalam memahami istilah profesi dalam kehidupan sehari-hari mengidentifikasikan perlunya suatu pengertian yang dapat menegaskan kriteria suatu pekerjaan sehingga dapat disebut sebagai suatu profesi.Artinya,tidak semua pekerjaan atau tugas yang dilakukan dapat disebut sebagai profesi.Pekerjaan-pekerjaan yang memenuhi kriteria-kriteria tertentu yang disebut sebagai suatu profesi.
Secara etimologi, istilah profesi berasal dari bahasa inggris yaitu profession atau bahasa Latin , profecus yang artinya mengakui,adanya pengakuan,menyatakan mampu,atau ahli dalam melakukan suatu pekerjaan. Sedangkan secara Terminologi,profesi berarti suatu pekerjaan yang mempersyaratkan pendidikan tinggi bagi pelakunya yang ditekankan pada pekerjaan mental yaitu adanya persyaratan pengetahuan teoritis sebagai instrument untuk melakukan pebuatan praktis,  bukan pekerjaan manual (Danin,2002)http://megakeempat.blogspot.com/. Jadi suatu profesi harus memiliki tiga pilar pokok yaitu pengetahuan,keahlian,dan persiapan akademik.
Menurut Ornstein dan Levine (1984) bahwa suatu pekerjaan atau jabatan dapat disebut profesi bila pekerjaan atau jabatan itu dilakukan dengan:
1)             Melayani masyarakat
2)             Melakukan bidang ilmu dan keterampilan
3)             Menggunakan hasil penelitian dan aplikasi dari teori kepraktik
4)             Memerlukan pelatihan khusus dengan waktu yang panjang
5)              Terkendali berdasarkan lisensi baku atau mempunyai persyaratan masuk
6)             Menerima tanggung jawab terhadap keputusan yang diambil dan tampilan untuk kerjanya berhubungan dengan layanan yang diberikan.
Menelaah pengertian profesi tersebut, dapat dipahami bahwa profesi adalah pekerjaan atau jabatan khusus yang dibutuhkan untuk melayani masyarakat.
Ciri-ciri utama susatu profesi menurut Sanusi,dkk (1991) adalah sebagai berikut:
1)       Suatu jabatan yang memiliki fungsi dan signifikansi social yang menentukan
2)        Jabatan yang menuntut keterampilan /keahlian tertentu.
3)       Keterampilan /keahlian yang dituntut jabatan itu dapat melalui pemecahan masalah dengan menggunakan teori dan metode ilmiah
4)       Jabatan itu berdasarkan pada batang tubuh disiplin ilmu yang jelas sistematis dan eksplisit,bukan habya sekedar pendapat khalayak umum.
5)       Jabatan itu memerlukan pendidikan tingkat perguruan tinggi dengan http://megakeempat.blogspot.com/ waktu yang cukup lama.
6)        Proses pendidikan untuk jabatan itu juga merupakan aplikasi dan sosialisasi nilai-nilai professional itu sendiri
7)       Berperan teguh oada kode etik yang dikontrol oleh organisasi profesi.
8)       Dalam praktiknya melayani masyarakat anggota profesi otonom dan bebas dari campur tngan orang lain
9)       Jabatan mempunyai prestisi yang tinggi yang tinggi dalam masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
., ., Indonesia
Golongan Darah"B",Rh+, islamic, kawin

sponsor taburan bintang

”Protected

Ciyus cousor cp gyank/ love

download

pengamanan

Protected by Copyscape Online Copyright Search

negara asal Pengunjung